MGZ4MqNcMWt8LGtdNGx9MWAazD8dyTEnBCM9
MASIGNCLEANLITE104

Tempat-Tempat Balimau di Pesisir Selatan

Painan - Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan, biasanya sebagian masyarakat di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan akan merayakannya dengan tradisi Balimau.

Tradisi balimau ini sudah ada sejak dahulu atau tradisi ini sudah turun temurun. Tradisi balimau sehari sebelum Ramadhan ini bertujuan untuk mensucikan diri sebelum melaksanankan ibadah puasa.

Sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba, maka dari itu bagi anda yang ingin menyambutnya dengan tradisi balimau, maka tidak ada salahnya untuk mencari tau dimana tempat-tempat balimau yang ingin anda kunjungi.
Lokasi-lokasi yang selalu ramai saat balimau
Berikut ini adalah lokasi-lokasi yang selalu di padati oleh masyarakat yang ada di daerah pesisir selatan pada saat melakukan tradisi balimau:

1.Kecamatan IV Jurai
-Batu Biduak Lumpo
-Sungai Timbulun

2.Batangkapas
-Sungai Jalamu
-Mata Air Batu Kudo
-Lubuk Kuali Taluak Batuang
-Sungai Taratak Tampatih

3.Bayang Utara
-Air Terjun Bayang Sani
-Bantaran Sungai Jembatan Akar

4.Lengayang
-Lubuk Lasung Koto Pulai
-Kapalo Banda Koto Kandi

5.Tempat balimau lainnya di Pesisir Selatan
-Sungai Kayu Gadang di Koto XI Tarusan
-Sungai Surantih di Sutera
-Sungai Pelangai Gadang di Ranahpesisir
-Bendungan Irigasi Indrapura di Pancungsoal
-Sungai Tapan di Basa Ampek Balai

Itulah daftar tempat yang selalu ramai dikunjungi pada saat balimau yang bisa anda kunjungi sehari sebelum puasa dimulai. Dan bagi anda yang tidak bisa bepergian, tidak usah khawatir. Karena balimau ini masih bisa anda laksanakan di rumah dengan cara mandi dan berkeramas dengan niat mensucikan diri untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.
Share This Article :
50963148598017446