MGZ4MqNcMWt8LGtdNGx9MWAazD8dyTEnBCM9
MASIGNCLEANLITE104

Penyebab Smartphone Android Mati Total Dan Susah Dinyalakan

Smartphone - Ponsel yang susah dinyalakan ataupun tidak bisa menyala sama sekali memang termasuk salah satu masalah yang cukup membuat pengguna smartphone Android kebingungan. Bahkan kejadian seperti ini juga kerap dialami oleh pengguna yang dikenal sebagai penggila gadget. Nah sebenarnya apa sih yang menyebabkan ponsel atau smartphone android itu susah dinyalakan?

Bagi anda yang juga pernah mengalami permasalahan seperti diatas, berikut ini adalah cara mudah untuk memastikan sebuah ponsel Android yang susah ataupun tidak mau dinyalakan:

1.Pastikan Baterai Ponsel Sudah Terisi

Sebelum mengecek lebih jauh mengapa ponsel android susah dinyalakan ada baiknya pengguna mengecek terlebih dahulu daya dari posnsel nya tersebut, apakah sudah terisi atau belum. Jika memang anda lupa kapan terkahir mengisi baterai ponsel tersebut, segera isi ulang daya ponsel untuk mengetahui sumber permasalhannya.

Yang perlu diingat oleh pengguna adalah, terkadang untuk membuat smartphone benar-benar bisa menyala dari keadaan mati total dan habis daya akan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Jadi setelah pengsisi daya baterai terhubung dengan ponsel silahkan tunggu beberapa saat.

Penyebab Smartphone Android Mati Total Dan Susah Dinyalakan

2.Ponsel menyala tapi layar tidak tampil (mati)

Kadangkala pengguna tidak menyadari bahwa sebenarnya ponsel tersebut menyala, namun layar dalam keadaaan mati. Nah untuk memastikan hal ini silahkan matikan ponsel lalu nyalakan kembali. Dan pada saat ponsel dinyalakan, biasanya akan ada tanda getaran atau suara boot. Nah jika tanda tersebut ada, namun layar tetap mati, segera bawa ponsel anda ke konter atau tempat pembelian ponsel tersebut untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3.Ponsel lagger sebelum mati

Jika sebelum ponsel lag sebelum mati dan ketika dihidupkan kembali tidak mau menyala, maka ponsel tersebut mengalami kerusakan seperti crash, restart atau hal lainnya. Untuk permasalahan ini kemungkinan besar diakibatkan oleh software. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu anda lakukan adalah menggantikan firmware dalam perangkat.

Dan cara lain yang bisa dilakukan adalah mencoba factory reset. Dan jika anda masih ragu untuk mencoba cara-cara tersebut silahkan bawa ke ahlinya.

4.Baterai bocor

Penyebab lain yang juga sering membuat smartphone android tak mau menyala adalah kemampuan baterai yang terus menurun. Dan sebenarnya hal ini memang normal terjadi seiring berjalannya waktu, tapi tak jarang juga masalah ini muncul secara tiba-tiba.

Maka dari itu, silahkan cek kondisi baterai ponsel anda dengan melihat tampilan fisiknya. Periksa kondisi baterai apakah menggembung, bocor ataupun ada kerusakan lainnya. Jika ya, segera lakukan penggantian baterai dengan yang baru untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
Share This Article :
50963148598017446