MGZ4MqNcMWt8LGtdNGx9MWAazD8dyTEnBCM9
MASIGNCLEANLITE104

5 Surga Tersembunyi Di Alam Sumatera Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

Sumatera Barat memang dikenal banyak menyimpan tempat wisata eksotis yang tidak bisa dihitung jumlahnya. Mungkin, jika mendengar Sumatera Barat kebanyakan dari kita hanya mengetahui sebahagian saja tempat yang memang sudah terlebih dahulu populer. Misalnya seperti Bukittinggi dengan Jam Gadangnya atau Kota Padang dengan Batu Malin Kundangnya.

Namun taukah anda bahwa sebenarnya, selain dua tempat populer tersebut ternyata hampir di setiap sudut Sumatera Barat terdapat surga tersembunyi yang layak anda kunjungi. Baik yang sudah tercatat maupun yang belum tercatat oleh Dinas Pariwisata. Entah itu wisata pantai, wisata pulau, wisata hutannya, air terjunnya atau kultur masyarakat minangnya yang masih terbilang unik.

Dan jika seluruh elemen masyarakat baik itu pemerintah ataupun swasta, sepakat untuk mengelola tempat tempat wisata secara profesional dan menjaga kelestariannya, bukan hal yang tidak mungkin jika Sumatera Barat nantinya akan menjadi poros pariwisata dunia. Karena di Sumatera Barat segala kelengkapan yang dibutuhkan untuk menyegarkan otak manusia bisa dikatakan tersedia semua.

Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata yang ada di Sumatera Barat yang jarang terekspos, namun memiliki pesona yang luar biasa:

1.Air Terjun Babang
Air Terjun Babang merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata air terjun yang ada di Lubuk Alung. Kelebihan dari Air Terjun Babang ini adalah memiliki 3 tingkatan. Untuk tingkatan pertama dihuni oleh anak-anak karena lubuknya yang dangkal. Sedangkan Lubuk yang agak dalam ada pada tingkatan kedua dengan ketinggian air terjun mencapai hingga 20 meter.

Sementara itu pada tingkatan yang ketiga bisa dibilang sangat jarang dikunjungi karena jaraknya yang cukup jauh. Mungkin bisa dikatakan hanya penduduk lokal yang mungkin pernah sampai ke tingkatan ketiga ini. Air Terjun Babang juga tidak kalah keindahannya dengan tempat wisata Air Terjun Nyarai yang sudah lebih dahulu terkenal.

5 Surga Tersembunyi Di Alam Sumatera Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

Hingga saat ini belum banyak pengunjung di luar Lubuk Alung yang mengetahui lokasi air terjun babang ini. Selain karena akses jalan yang belum memadai, para pengunjung juga harus menyusuri tepian sungai kurang lebih sekitar 1 jam dengan berjalan kaki. Dan rata-rata sebagian akses jalan menuju kesana adalah sisa-sisa pengaspalan sekitar tahun 80-an yang lali. Jadi, bisa kita bayangkan bagaimana kondisi jalan yang akan kita lalui. Air Terjun Babang ini tepatnya terletak di Dusun Surantiah, Koto Buruak Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

2.Air Terjun Belek
Masih dalam kawasan Lubuk Alung, Air Terjun Belek juga termasuk salah satu hidden place milik Provinsi Sumatera Barat. Dan untuk sampai ketenpat ini, pengunjung harus melewati lebatnya pepohonan. Dibutuhkan waktu sekitar 2 - 3 jam untuk menembus belantara Gamaran agar sampai kelokasi ini.

Tentunya ini akan menjadi petualangan yang menakjubkan bagi para wisatawan. Air Terjun Belek sendiri hanya mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 15 meter. Air terjun ini tergolong sunyi yang cocok dengan suasana pekatnya belantara di sekitarnya. Air Terjun Belek juga berada satu Korong dan tidak begitu jauh dari lokasi Air Terjun Nyarai. Objek wisata Air Terjun Belek ini tepatnya terletak di daerah Hutan Gamaran, Korong Salibutan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

3.Air Terjun Talago
Air Terjun Talago ini masih satu lokasi dengan Air Terjun Belek dan Air Terjun Nyarai yakni sama-sama berada di kawasan hutan Gamaran. Air Terjun ini lebih dingin dab ebih hijau dengan lubuk yang lumayan luas. Air Terjun Talago berjarak sekitar 7 jam perjalanan dari Air Terjun Nyarai. Memang, bukan perjalanan mudah untuk bisa sampai ke tempat ini. Ketahanan fisik, kesiapan logistik dan keperluan lain mesti siap sedia jika ingin bertemu dengan air terjun yang cukup mempesona ini.

4.Air Terjun Timbulun
Kabarnya Air Terjun Timbulun ini mempunyai 7 tingkatan. Dan masing-masing tingkatan membutuhkan kesabaran dan perjuangan yang berat untuk mencapainya. Bagi para pengunjung biasanya menghentikan perjalanannya hanya sampai pada titik tingkatan kedua saja. Karena, dari titik dua hingga ke titik selanjutnya, medan yang akan ditempuh semakin sulit. Untuk sampai ke tingkatan terakhir wisatawan harus menyiapkan peralatan yang memadai. Air Terjun Timbulun ini tepatnya terletak di sebelah timur Kota Painan yakni Kampung Painan Timur di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

5.Muaro Binguang

5 Surga Tersembunyi Di Alam Sumatera Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

Muaro Binguang juga bisa dikatakan sebagai hidden place di bagian utara Sumatera Barat. Selain karena tempat wisata ini yang belum populer, lokasinya juga jauh dari lokasi pemukiman warga. Selain itu, akses jalan menuju Pantai Muaro Binguang juga tidak terlalu mulus. Ciri khas dari panta Muara Bingung adalah memiliki pantai yang bersih dengan pasir putihnya yang merupakan idaman setiap orang. Pantai Muaro Binguang tepatnya terletak di Desa Mandiangin Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat.
Share This Article :
50963148598017446