Kisah Cinta Sejati Manjhi Si Manusia Gunung Dari India "The Mountain Man"

Ini merupakan sebuah kisah cinta luar biasa dari seorang pria di India yang telah menghabiskan waktu sekitar 22 tahun untuk mengukir celah besar di gunung setelah istri tercintanya meninggal dengan keadaan tragis. Kisah cinta sejati ini akhirnya diangkat menjadi sebuah film Bollywood andalan yang wajib anda tonton.

Pria tersebut bernama "Dashrath Manjhi" ia melakukan tugas yang berat ketika istrinya Phalguni Devi meninggal pada tahun 1959. Ia terpeleset di bukit Gehlour ketika mengantar makan siang untuk suaminya dan terluka parah dan ia tidak dapat menerima perawatan medis secara cepat, karena perjalanan ke kota terdekat berjarak sekitar 34-mil. Dan perjalanan tersebut dilakukan dengan menyusuri gunung yang sangat sulit untuk dilalui.hingga mengakibatkan kematiannya.

Dengan kejadian tersebut, dan untuk mengenang istri tercintanya Manjhi ingin memastikan bahwa warga desa lainnya tidak akan menderita nasib yang sama seperti yang dialami oleh istrinya. Ia kemudian memutuskan untuk bekerja siang dan malam membuat jalan dengan cara membelah gunung hanya dengan menggunakan palu dan pahat saja.

Dengan berhasil menembus jalan itu, ia berppikir setidaknya bisa mengurangi jarak hanya 15 kilometer dengan menciptakan jalur antara bebatuan di pegunungan. Sehingga tidak ada lagi korban yang berjatuhan seperti yang di alami oleh istrinya.

Pada tahun 1982, Manjhi akhirnya menyelesaikan pekerjaanya tersebut. Jalan yang dibangun oleh Manjhi ini memiliki lebar lebih dari sembilan meter di beberapa bagian. Selanjutnya pemerintah daerah melanjutkan pengerjaannya dengan waktu yang lebih lama, yakni tiga dekade untuk memperbaikinya menjadi jalan yang layak pakai bagi penduduk setempat.

Manjhi (1934 - 2007)

Nawazuddin Siqqiduim yang merupakan pemeran Manjhi dalam Film The Mountain Man mengatakan bahwa ''Cerita ini indah dan sangat menarik, Manjhi membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin dan karyanya telah banyak membantu ribuan orang".

Manjhi meninggal pada tanggal 17 Agustus 2007 di usia 73 yang diakibatkan menderita kanker kandung empedu di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), New Delhi. Ia kemudian diberi pemakaman kenegaraan oleh Pemerintah Bihar. Dan atas prestasinya itu, Manjhi menjadi dikenal sebagai 'Mountain Man'. Pemerintah Bihar juga mengusulkan namanya untuk mendapat penghargaan "Padma Shree" pada tahun 2006 pada sektor jasa sosial.

0 Response to "Kisah Cinta Sejati Manjhi Si Manusia Gunung Dari India "The Mountain Man""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel