Kuliner Khas Daerah Pesisir Selatan Sate Lokan Yang Wajib di Coba

Provinsi Sumatera Barat selain terkenal dengan sejuta tempat wisata, juga banyak dikenal dengan surganya kuliner. Berbagai macam makanan lezat dapat ditemukan disetiap wilayah yang ada di provinsi yang disingkat dengan SUMBAR ini. Sumatera Barat secara geografis bersebelahan langsung dengan Samudera Indonesia, dengan begitu menjadikan wilayah ini memiliki pesisir pantai yang cukup panjang salah satunya adalah Kabupaten Pesisir Selatan.

Kuliner Khas Daerah Pesisir Selatan Sate Lokan Yang Wajib di Coba

Di daerah Pesisir Selatan ini juga banyak terdapat tempat wisata, mulai dari wisata pantai, air terjun, pebukitan, sungai, hingga wisata alam. Dan selain kaya dengan tempat wisata, kabupaten pesisir selatan juga banyak memiliki makanan khas seperti randang lokan, pinukuik batang kapeh, sate lokan dan masih banyak lainnya.

Pada postingan kali ini admin akan mebahas salah satu dari sekian banyak makanan khas daerah pesisir selatan yakni Sate Lokan. Jika selama ini Anda hanya mengenal sate daging dan sate ayam, maka jika datang ke daerah ini tidak ada salahnya juga mencoba Sate Lokan.

Lokan merupakan sebutan dalam bahasa lokal di Minangkabau untuk sejenis kerang lumpur yang banyak hidup di daerah pesisir laut Sumatera Barat. Lokan bisa disebut juga dengan hewan laut jenis kerang-kerangan (famili cardiidae). Bedanya Lokan dengan kerang adalah terletak pada ukurannya. Lokan ini jauh lebih besar dengan memiliki daging yang juga lebih tebal.

Sebelum Lokan diolah menjadi sate, daging Lokan mentah memiliki warna kuning dan agak pucat. Namun, ketika Lokan ini dimasak atau dipanaskan, warna dagingnya pun akan berubah menjadi oranye kemerahan. Seperti pada umumnya untuk pengolahan daging sate khas Minangkabau, daging Lokan terlebih dahulu direbus setelah dibumbui dengan cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, merica, jahe, kunyit, langkuas dan sereh yang telah ditumbuk halus.

Setelah daging Lokan matang, kemudian daging tersebut ditusuk dengan bambu dan dibakar hingga bewarna kecokelatan. Sate yang telah matang siap disajikan dalam piring yang beralas daun pisang dengan siraman kuah yang kental.

Menariknya lagi, kuah siraman tersebut terbuat dari bumbu bekas merebus kerang yang dicampurkan tepung beras sekaligus bumbu dan rempah lainnya yang telah dilarutkan. Sate Lokan dengan aroma yang menggugah selera ini dihidangkan dengan beberapa potongan ketupat dan dihiasi dengan taburan bawang goreng.

Jika ditanya soal rasa, Sate Lokan memiliki aroma rempah yang kuat denga citarasa yang tentunya sangat gurih dan bercampur pedas yang pas. Kuliner khas satu ini tidak akan ditemukan di daerah-daerah bagian tengah Sumatera Barat karena, sate ini memang khasnya sate daerah bagian pesisir Sumatera Barat.

Di Pesisir Selatan sate lokan ini bisa kamu temukan di daerah Ampiang Parak, Kecamatan Sutera. Di daerah ini banyak berdiri warung yang khusus menjual Sate Lokan. Anda bisa menikmati betapa lezatnya Sate Lokan sambil menikmati hembusan angin laut langsung dari Samudera Hinda.

0 Response to "Kuliner Khas Daerah Pesisir Selatan Sate Lokan Yang Wajib di Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel