Candi Di Desa Tanjung Medan Pasaman Timur

Di pasaman timur tepatnya desa tanjung medan terdapat sebuah situs purbakala atau yang sering di sebut dengan candi. Candi yang ada di desa tanjung medan kecamatan panti kabupaten pasaman timur itu dinamakan Candi tanjung medan. Sebenarnya candi ini sudah lama di ketahui oleh masyarakat di daerah sana, akan tetapi pemugaran candi ini baru dilakukan oleh pemerintah sekitar tahun 1990an.

Biasanya sebuah candi adalah bangunan yang di buat oleh orang-orang yang beragama hindu, tetapi penduduk yang berada di sekitar candi tanjung medan ini rata-rata semuanya beragama islam. Menurut masayarakat di sana ada kemungkinan di sekitar candi ini dahulunya di huni oleh penduduk yang beragama hindu, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman satu persatu dari mereka punah dan pergi meninggalkan daerah tersebut.
Diperkirakan nenek moyang penduduk yang ada di sekitar candi tanjung medan pada saat sekarang ini datang setelah daerah ini lama di tinggal pergi oleh penghuni sebelumnya. Jadi masyarakat disana banyak yang tidak tau asal mulanya dan kisahnya candi tersebut.

Candi tanjung medan ini di bangun di pinggir sungai sumpur, atau penduduk setempat menamakan batang sumpu. Batang sumpu ini mengalirkan airnya sampai ke provinsi Riau dan bermuara di pantai timur sumatera provinsi riau. Di daerah provinsi Riau, sungai ini tidak lagi dinamakan dengan batang sumpu (batang sumpur) tetapi berubah menjadi sungai rokan. Jika kita melihat dari lokasi dan letak candi ini maka bisa kita perkirakan pembuat/pendiri candi ini berasal dari hilir sungai rokan.

Teori ini bisa di perkirakan karena nenek moyang orang minangkabau dahulunya juga seperti itu, yang disebutkan dalam sejarah berasal dari hilir sungai. Beberapa bukti yang bisa meyakinkan kita adalah adanya nama-nama tempat yang sama disekitar sungai rokan dan sungai sumpur seperti rambah, tanjung medan, sontang dan tambangan.

Terlepas dari sejarah candi tersebut, di candi tanjung medan kita bisa melihat keindahan dan kokohnya bangunan candi tersebut. Pada saat sekarang ini candi tanjung medan sudah mulai dapat perawatan oleh warga setempat. Disekitar lokasi candi terdapat taman-taman yang bisa di gunakan untuk beristirahat oleh para pengunjung.

Candi tanjung medan ini bisa di jadikan tempat berlibur bagi anda yang setiap harinya disibukan dengan pekerjaan dan sekolah. Karena tempatnya berdekatan dengan sungai, maka untuk menyegarkan badan anda bisa mandi disungai batang sumpu yang airnya cukup jernih. Dengan di dukung dengan hawa sejuk dari pegunungan maka sangat lah cocok tempat ini untuk menghilangkan stres akibat aktivitas yang padat setiap harinya.

Untuk menuju ke tempat ini tidaklah terlalu sulit, karena lokasi candi tanjung medan ini tidak jauh dari jalan lintas padang-medan. Jarak dari bukittinggi ke desa tanjung medan sekitar 98 kilo atau sekitar 1.5jam perjalanan.

Sedangkan jarak lokasi candi dari jalan lintas padang-medan di perkiran sekitar 200 meter dengan menempuh sedikit jalan berbatu. Jika anda datang dengan menggunakan angkutan umum, dari jalan lintas/raya padang-medan anda bisa langsung menuju ke lokasi candi dengan berjalan kaki tanpa perlu menggunakan jasa ojek.

1 Response to "Candi Di Desa Tanjung Medan Pasaman Timur"

  1. Wah... tempatnya masih sangat asri yah...
    Sungguh tempat yang sangat unik dan terawat...
    Apalagi ada taman-tamannya... hemm... pastinya sejuk ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel