Randang Lokan Khas Air Haji

Pada zaman sekarang ini semua orang pasti sudah tau dengan masakan khas ranah minang yaitu randang atau dalam bahasa indonesia nya di sebut rendang. Sedangkan pengertian dari rendang itu sendiri adalah daging yang dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah yang bercitarasa pedas.

Masakan rendang ini bisa di jumpai disetiap rumah makan padang di seluruh daerah indonesia, bahkan lebih hebatnya lagi masakan rendang ini juga sudah ada di seluruh dunia. Dan pada tahun 2011 rendang mendapat peringkat pertama dalam kategori masakan terlezat dunia yang diadakan oleh CNN Internasional, wow. Di Sumatera barat randang di bagi menjadi dua jenis pertama rendang basah dan yang kedua rendang kering.
Berikut penjelasan mengenai dua macam randang tersebut:
1.Rendang basah
Rendang basah adalah rendang yang dimasak dalam waktu singkat atau santanya belum terlalu kering warna dari rendang basah ini agak bewarna cokelat ke emasan. Rendang basah ini di ranah minang biasa di sebut dengan kalio.

2.Rendang kering
Rendang kering adalah rendang yang dimasak dalam waktu lama bahkan sampai berjam-jam. Tujuan rendang ini dimasak lama adalah agar santan dan bumbu meresap dengan sempurna kedalam daging. Rendang kering ini bewarna agak kehitaman dan bisa tahan beberapa minggu jika disimpan dalam ruangan.
Setelah kita mengetahui beberapa jenis rendang secara umum yang berasal dari daging sapi, kita akan melanjutkan kerendang yang berasal dari dagimg lokan.

Jika anda pernah berkunjung ke air haji pasti anda pernah menemukan masakan khasnya yakni randang lokan. Air haji adalah ibukota dari kecamatan linggo sari baganti yang bersebelahan dengan kecamatan air pura kabupaten pesisir selatan. Air haji selain terkenal dengan keindahan alam nya juga terkenal dengan masakannya randang lokan campua pakih. Kerang atau lokan ini sangat banyak di budidayakan oleh penduduk di daerah tersebut. Lokan yang ada di air haji ini bukanlah kerang biasa, lokan ini berukuran agak sedikit besar dan bewarna kehitaman.

Di air haji randang lokan adalah merupakan masakan yang wajib pada acara-acara adat maupun pesta-pesta lainnya. Dan jika ada warga air haji dan sekitarnya di rantau ketika pulang kampuang pasti membawa bekal randang lokan. Karena selain enak dan nikmat randang lokan juga tahan dalam beberapa minggu, jadi jika anda berkunjung ke air haji jangan sampai lupa mencicipi masakan khas daerah tersebut. Dan seandainya anda tinggal jauh dari air haji ada baiknya di bungkus untuk di jadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

0 Response to "Randang Lokan Khas Air Haji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel