Festival Tabuik Di Pariaman

Tabuik (tabut) merupakan suatu perayaan lokal di minangkabau dalam rangka memperingati Asyura atau gugurnya cucu Nabi Muhammad yang bernama Imam Husein. Pesta tabuik ini di lakukan di di sekitar pantai Sumatera Barat atau lebih tepatnya di Kota Pariaman.

Dalam pesta atau festifal tabuik ini selain upacara usungan jenazah tabuik juga menampilkan kembali kisah pertemperuan Karbala dan ada juga memainkan Dhol dan drum Tassa. Upacara ini rutin di lakukan setiap tahun atau setiap tanggal 10 Muharam di Kota Pariaman semenjak tahun 1831 yang silam.

Tabuik pariaman 2016

Setelah membaca cuplikan di atas mungkin anda sedikit paham dengan pesta tabuik yang ada di Kota Pariaman tersebut. Tapi taukah anda apa itu Tabuik? Tabuik adalah sebuah benda yang berbentuk keranda dengan bertingkat tiga yang terbuat dari rotan, kayu, bambu dan di hiasi dengan kertas yang bewarna-warni. Dan pada bagian badan tabuik di buat seperti kuda yang besar yang bersayap dan mempunayi kepala perempuan yang cantik atau lebih di kenal dengan Bouraq.

Pada aslinya perayaan tabuik ini merupakan tradisi tentang kesedihan meratapi atas meninggalnya cucu Nabi Muhammad SAW yakni Imam Husein dalam perang Karbala (Irak). Akan tetapi seiring perkembangan zaman perayaan tabuik juga di jadikan kegiatan pariwisata di Kota Pariaman. Ini terbukti setiap ada perayaan tabuik kota pariaman akan di penuhi oleh masyarakat yang berkumpul layaknya seperti lautan manusia.


Lokasi yang menjadi pusat keramaian saat pesta tabuik di mulai adalah Pantai Gondoriah Pariaman. Pantai ini di penuhi oleh orang-orang yang ingin menyaksikan secara langsung festival tabuik tersebut. Dan orang-orang yang hadir menyaksikan festival tabuik itu tidak hanya berasala dari daerah Pariaman saja, akan tetapi ada juga yang berasal dari luar daerah Pariaman seperti Kota Padang,  Bukittingg, Painan, Solok, dan daerah-daerah lainnya.

Dengan demikian tidak ada salahnya festival tabuik ini menjadi agenda wisata tahunan anda. Hal ini juga di dukung oleh lokasi diadakan nya festival tabuik tersebut yaitu pantai gondoriah pariaman.

Pada hari biasa saja pantai ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, apalagi saat festival tabuik  pasti sangat ramai. Jadi persiapkanlah diri anda untuk datang ke fetival tabuik di pariaman kalau tidak sekarang tahun depan. Karena festivel ini selalu rutin diadakan setiap tahunnya.

0 Response to "Festival Tabuik Di Pariaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel