Beberapa Aturan Yang Berubah di Sepak Bola Tahun 2016

Aturan Baru Sepak Bola - Pada turnamen Piala Eropa 2016 ini ada beberpa peraturan di sepak bola yang mengalami perubahan, salah satunya adalah pada saat Kick off.

Jika biasanya Kick of f ini dilakukan oleh dua orang pemain, maka setelah peraturan baru ini keluar, Kick off bisa dilakukan sendiri saja. Peraturan ini sudah di umumkan oleh International Football Association Board (IFAB) pada April 2016 yang lalu.
Menurut "IFAB" peraturan baru ini di keluarkan adalah untuk memudahkan para pemain sepak bola agar lebih cepat mengerti dan memahami aturan-aturan yang berlaku dalam permainan. Selain peraturan untuk Kick off, masih ada lagi peraturan lainnya yang mengalami perubahan pada tahun 2016 ini.

Untuk lebih jelas nya berikut ini adalah beberapa perubahan peraturan yang terjadi pada sepak bola tahun 2016:

1.Offside
-Bagian lengan dan tangan pemain tidak akan menjadi pertimbangan pada saat asisten wasit memutuskan apakah pemain tersebut berada dalam posisi offside

2.Kick-off
-Pada aturan baru ini, Kick off bisa dilakukan oleh seorang pemain dan bola bisa ditendang ke segala arah seperti kesamping, kedepan ataupun  ke belakang.

3.Pelanggaran
-Seandainya terjadi sebuah pelanggaran yang melibatkan kontak dengan lawan, maka hadiahnya adalah tendangan bebas langsung.

4.Penalti
-Jika seorang kiper keluar dari garis gawang dan menyebabkan tendangan penalti harus diulang lagi, maka kiper tersebut di hukum dengan pemberian kartu kuning.

5.Meninggalkan lapangan
-Jika seorang pemain terkena cedera dan sang pelanggar menerima kartu merah atau kuning atas perbuatannya tersebut, pemain yang cedera tersebut tidak perlu meninggalkan lapangan untuk mendapat perawatan.

6.Perlengkapan
-Warna dari setiap bahan yang melindungi kaus kaki harus sama dengan warna kaus kaki yang dikenakan oleh pemain.

7.Sending off offences
-Seorang pemain dapat diusir setelah wasit masuk kedalam lapangan permainan untuk melakukan inspeksi sebelum pertandingan dimulai. Hal ini berarti kartu merah dapat diberikan sebelum kick-off di mulai.

8.Tiga hukuman
Seorang pemain yang melanggar pemain lawan ketika mempunyai kesempatan untuk mencetak gol didalam kotak penalti biasanya akan diganjar penalti, mendapat kartu merah, dan akan skorsing satu laga. Namun pada aturan baru IFAB telah memutuskan bahawa, wasit dapat menghukum pemain tersebut dengn hanya memberikan kartu kuning dengan syarat apabila sang pemain dianggap secara meyakinkan atau benar-benar berusaha untuk merebut bola dari lawannya.

0 Response to "Beberapa Aturan Yang Berubah di Sepak Bola Tahun 2016"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel