4 Objek Wisata di Sawahlunto Yang Wajib Anda Kunjungi

Kota Sawahlunto adalah salah satu kota yang berada di kawasan provinsi Sumatera Barat. Kota Sawahlunto secara geografis diapit oleh tiga kabupaten yakni Solok, Tanah Datar dan Sijunjung. Dan pada zaman penjajahan Belanda, kota ini dikenal sebagai Kota Tambang Batu Bara.

Dengan memiliki budaya dan arsitektur bangunan-bangunan kuno tempo dulu, tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke Kota ini. Apalagi saat ini Pemerintah Kota Sawahlunto terus berupaya membenahi potensi-potensi wisata yang ada di kota ini, sehingga  menjadikan Sawahlunto sebagai Kota Wisata Tua multi etnik yang terbaik di Indonesia.

Jika anda berkunjung ke Kota yang terkenal dengan tambang batu bara ini yakni Sawahlunto tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke beberapa objek wisata yang ada di kawasan kota tua ini. Berikut adalah 5 objek wisata yang bisa kalian kunjungi jika berada di Kota Sawahlunto:

1.Loebang Mbah Soero
5 Objek Wisata di Sawahlunto Yang Wajib Anda Kunjungi
Model: Nur Asnah dan Kawan-Kawan
Lubang Tambang Mbah Soero ini tepatnya terletak di kelurahan Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Terowongan yang mempunyai panjang sekitar 185 meter ini dibangun pada masa Pemerintahan Hindia Belanda. Diperkirakan sejak tahun 1898 sampai 1932, kegiatan tambang batu bara di kota Sawahlunto masih menggunakan terowongan Mbah Suro ini. Dan sekitar tahun 1932 tambang ini pun ditutup karena rembesan air mulai memasuki lorong-lorong terowongan ini.

Pada tahun 2007 pemerintah setempat mulai membenahi terowongan ini mulai dari segi keamanan hingga segi kelayakan untuk wisata. Beberapa fasilitas agar memudahkan pengunjung mulai dibangun seperti membuat anak-anak tangga agar pengunjung bisa turun dengan aman. Dan pada tahun 2008 objek wisata Lubang Mbah Suro mulai diresmikan dan bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu keistimewaan dari objek wisata lubang mbah suro ini adalah objek wisata ini masih mempertahankan bangunan aslinya, ini bisa dibuktikan dengan melihat bagian atap dan dinding yang masih terbuat dari batu bara.

2.Museum Kereta Api
5 Objek Wisata di Sawahlunto Yang Wajib Anda Kunjungi
Museum Kereta Api, Sawahlunto
Museum Kereta api yang ada di Kota Sawahlunto juga tidak bisa anda lupakan begitu saja. Museum ini juga merupakan salah satu wisata sejarah yang masih punya hubungan dengan lubang mbah suro. Ketika penambangan batu bara di Sawahlunto masih berjalan, kereta Api merupakan salah satu alat transportasi terbaik untuk mengangangkut hasil tambang menuju pelabuhan teluk Bayur yang ada di kota Padang.

Pembangunan rel kereta api di Kota Sawahlunto ini memakan waktu sekitar 5 tahun, yakni pembangunannya mulai dari tanggal 16 Juli 1889 dan selesai pada 1 Februari 1894. Museum Kereta Api ini diresmikan sebagai objek wisata pada tahun 2005 langsung oleh wakil Presiden Indonesia saat itu yakni Yusuf Kalla.

3.Danau Kandi 
5 Objek Wisata di Sawahlunto Yang Wajib Anda Kunjungi
Danau Kandi, Sawahlunto
Danau Kandi tepatny terletak di Desa Salak, Kecamatan Talawi kota Sawahlunto. Danau ini juga tidak terlepas dari wisata sejarah karena danau ini merupakan sebuah Danau bekas galian tambang pada zaman penjajahan.

Bekas galian ini berubah jadi danau adalah ketika  tanggul penahan aliran sungai Obilin jebol. Disinilah timbul ide untuk menjadikan danau ini sebagai tempat wisata. Dengan gerak cepat lalu pemerintah kota sawahlunto mulai membenahi kawasan ini agar terlihat menarik oleh pengunjung.

Di kawasan Danai Kandi ini juga banyak terdapat berbagai macam objek wisata lainnya seperti:  Taman Kupu Kupu, Taman Satwa Kandi, Taman Pemekaran Buaya dan Juga Areal Pacu Kuda (Lapangan Pacu Kudo).

4.Puncak Cemara
5 Objek Wisata di Sawahlunto Yang Wajib Anda Kunjungi
Puncak Cemara, Sawahlunto
Puncak Cemara ini berada kurang lebih sekitar 6 Km dari pusat kota Sawahlunto. Dan untuk sampai kelokasi ini sangat mudah sekali, pengunjung cukup mengarahkan kendaraan menuju Talawi nanti akan ada petunjuk agar sampai ke lokasi Puncak Cemara ini.

Di Puncak Cemara ini, pengunjung bisa melihat secara langsung indahnya Kota Sawahlunto. Dari atas puncak ini kalian juga bisa menyaksikan susunan kota, sisa-sisa bangunan bersejarah, bukit-bukit, dan bekas tambang batu bara.

Objek wisata Puncak Cemara di resmikan pada tahun 2015 yang lalu oleh Bpk.Ali Yusuf (walikota sawahlunto saat itu). Walaupun masih tergolong baru. namun objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan para Photografer menjadikan tempat ini sebagai tempat paling strategis dalam pengambilan gambar.

Ayo liburan ke Sawahlunto...

0 Response to "4 Objek Wisata di Sawahlunto Yang Wajib Anda Kunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel