MGZ4MqNcMWt8LGtdNGx9MWAazD8dyTEnBCM9
MASIGNCLEANLITE104

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Saat Ponsel Android Mulai Melambat / Lelet

Pada saat smartphone Android mulai terasa semakin berat/lelet dan mudah crash, tentu hal ini sangat mengecewakan penggunanya. Apalagi smartphone yang dimiliki tersebut adalah ponsel mutakhir dengan harga yang hampir mencapai puluhan juta rupiah.

Anda pasti merasakan pada saat ponsel pintar pertama kali dibeli, ponsel tersebut akan bekerja dengan cepat dan lancar. Namun setelah digunakan beberapa bulan, barulah terasa kinerjanya yang mulai berkurang. Kinerja yang lelet dan lamban tersebut sebenarnya tidak selalu permanen. Ada juga yang terjadi karena suatu sebab atau karena pemakaian pengguna dan tentunya hal ini bisa disembuhkan dengan melakukan berbagai cara tertentu.

Dan berikut ini adalah cara ampuh untuk mengatasi ponsel pintar android yang mulai lelet dan sering crash yang tentunya membuat pengguna kecewa:

1.Membersihkan Home Screen
Home screen atau layar utama tanpa disadari sering dipenuhi oleh berbagai shortcut (pemintas) sebuah aplikasi. Baik aplikasi yang baru dipasang ataupun aplikasi yang sering dipakai. Untuk membuat ponsel android lebih cepat, cobalah untuk membersihkan aplikasi pemintas tersebut, hapus dan sisakan beberapa aplikasi yang diperlukan saja.

Selain itu untuk masalah walpaper, pastikan bahwa anda menggunakan wallpaper yang bersifat statis, atau hindari wallpaper bergerak (animasi) karena ini juga berperan dalam membebani kinerja ponsel android.

2.Menghapus atau Mematikan aplikasi tak terpakai
Bila anda menemukan aplikasi yang jarang ataupun samasekali tidak pernah dipakai, segera hapus aplikasi tersebut. Ini dilakukan karena aplikasi tersebut juga akan memenuhi ruang pemrosesan dalam ponsel, yang berarti aplikasi tersebut juga punya andil dalam membebani kinerja ponsel.

Jika tidak bisa dihapus, biasanya Anda masih bisa mematikan aplikasi tersebut agar tidak memakan memori. Berikut adalah cara mematikan aplikasi android yang tidak bisa dihapus: Masuk ke Settings >> Apps >> Cari aplikasi yang tidak berguna atau yang ingin anda matikan >> Jika sudah bertemu, langsung sajak klik dan kemudian pilih disable.

3.Bersihkan Cache Aplikasi
Aplikasi biasanya banyak menyimpan data cached agar bisa dibuka kembali nantinya dengan cepat. Seiring berjalannya waktu pemakaian ponsel, data cached tersebut bisa menumpuk semakin besar dan memakan banyak memori dan ini juga merupakan pembuat kinerja ponsel jadi melambat.

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Saat Smartphone Android Yang Mulai Lambat

Supaya kinerja sedikit lebih lancar, cobalah untuk longgarkan memori ponsel Anda dengan car masuk ke Settings >> Apps kemudian silahkan pilih aplikasi yang biasanya menyimpan banyak cache. Misalnya seperti media sosial Path, caranya buka aplikasi tersebut kemudian pilih "Clear Cache".

4.Matikan Auto-sync
Pengguna smartphone Android mungkin banyak yang memasang banyak akun, seperti media sosial, e-mail, BBM dan lainnya. Dan akun-akun tersebut umumnya terpasang dalam kondisi auto-sync yang menyala.

Auto-sync adalah sebuah fitur yang berguna agar aplikasi otomatis menarik beberapa data terbaru dalam durasi yang tertentu seperti menerima email. Meski Auto-sync ini berguna, jika sudah terlalu banyak aplikasi yang menggunakannya, maka auto-sync juga bisa membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Solusi terbaiknya adalah memilih dan mematikan fungsi auto-sync pada aplikasi tertentu yang tidak terlalu penting

5.Matikan animasi
Kurangi atau matikan semua animasi yang ada, maka akan membuat kinerja Android Anda bisa lebih kencang. Caranya cukup muda masuklah ke menu Settings >> About phone kemudian carilah menu Device information atau systems. Dari menu tersebut, kemudian cari kolom yang menampilkan Build number, lalu sentuhlah kolom tersebut sebanyak tujuh kali untuk mengaktifkan mode Developer.

Setelah itu masih di dalam menu Settings, akan muncul pilihan Developer option. Lalu masuklah dan temukan kolom Transition animation scale, Window animation scale, dan Animation duration scale. Secara berurutan, ubah angka yang tertera disana menjadi 0.5x atau Animation off.

6.Factory reset
Jika anda tidak mau repot-repot dalam mengubah berbagai settingan dalam ponsel, anda bisa mengginakan jalan termudah untuk memperbaiki kinerja ponsel Android Anda. Cara termudah termudah dan juga merupakan cara terakhir adalah melakukan "Factory Reset". Cara ini akan membuat semua software ponsel kembali pada kondisi saat Anda baru membelinya dan juga akan membersihkan semua data yang ada di dalamnya.

Cara ini memang ini tidak sederhana karena akan menghapus semua aplikasi dan data yang anda miliki. Bahkan Anda nantinya harus mengunduh kembali beberapa aplikasi yang memang penting, lalu menyalin ulang kembali semua data-data yang ada. Namun dengan melakukan Factory Reset ini secara berkala, akan mampu membuat kinerja ponsel supaya tetap kencang. Catatan : Jangan lupa untuk menyiman data cadangan, sebelum Anda melakukan Factory Reset ini. Selamat mencoba
Share This Article :
50963148598017446