Film Anarkali Dan Pangeran Salim

Film ini bercerita tentang kisah cinta Anarkali yang diperankan oleh Bina roy dan Pangeran Salim yang diperankan oleh Pradeep Kumar. Menurut sejarah mengatakan Anarkali ialah seorang penyanyi dan penari yang sangat terkenal pada masa kerajaan Mughal. Anarkali jatuh cinta pada seorang prajurit mughal yang bernama Salim, yang tak lain adalah seorang pangeran dari kerajaan Mughal.

Salim adalah anak dari Kaisar Jallaludin Akbar dan ibunya Jodha. Shaenshah Jallaluddin Akbar adalah cucu dari Babar dan anak dari Kaisar Humayun. Raja Akbar dikenal telah memerintah hindustan dengan sangat adil dan manusiawi. Untuk mendapat dukungan dari rakyat hindu raja akbar memperlakukan mereka dengan sebaik-baiknya dengan membebaskan umat hindu untuk beribadah menurut kepercayaannya.
Pangeran salin dan Anarkali
Bahkan demi menjalin hubungan dengan umat hindu raja Akbar pun menikahi Jodha yang merupakan seorang hindu Rajput. Dan akhirnya kaisar akbar pun berhasil mengakhiri perselisihan yang terjadi selama ini antara umat islam dan hindu.

Kisah ini dimulai ketika Anarkali atau Nadeera bertemu dengan Salim melihat ketampanan dan kebaikan sang pangeran dia pun jatuh hati. Begitupun sebaliknya ternyata cinta Anarkali tidak bertepuk sebelah tangan pangeran Salim ternyata diam-diam juga menyukainya dan tumbuhlah benih-benih cinta dari dua anak manusia tersebut.

Akan tetapi Anarkali mengurungkan niatnya menjadi ratu bagi pangeran salim, itu di karenakan jarak mereka bagaikan langit dengan bumi. Anarkali sadar bahwa dia hanya seorang manusia biasa sedangkan Salim adalah pewaris tahta kerajaan Mughal. Maka dari itu dia pun mulai menjauhi Salim walaupun hatinya masih tetap memikirkan sang pangeran. Tapi bagaimanapun usaha Anarkali untuk menjauhi pangeran tetap tidak berhasil karena pangeran salim terus berusaha untuk mendekatinya.

Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk menjalin hubungan yang serius. Mengingat jarak diantara mereka dan status sosial yang berbeda pangeran salim pun sadar hubungan mereka tidak akan di restui oleh kaisar jallludidin akbar.

Sadar dengan hal tersebut akhirnya Salim dan Anarkali menjalin hubungan secara diam-diam dan tanpa sepengetahuan sang kaisar. Tapi sepandai-pandainya tupai melompat sekali jatuh juga, dan memang benar sepandai-pandainya salim menyembunyikan hubungan mereka akhirnya di ketahui juga oleh sang kaisar. Kaisar pun marah dan menghukum salim, tidak terima dengan keputusan raja Salim pun memberontak dan menyatakan perang dengan kaisar akbar.

Tapi apakan daya tentara Mughal cukup kuat dan pangeran salim pun berhasil di tangkap dan di jatuhi hukuman mati. Mendengar hal tersebut anarkali pun datang menghadap raja untuk memohon pengampunan agar pangeran salim di bebaskan. Anarkali memohon kepada raja agar dirinya saja yang di hukum karena dia sangat mencintai pangeran salim, dan dia tau karena dialah salim berani memberontak terhadap kaisar.

Kaisar Akbar pun mengabulkan permintaan Anarkali dan sesuai permintaanya yang bersedia menerima hukuman mati menggantikan pangeran salim. Dan akhirnya hukuman di jatuhkan kepada Anarkali dengan cara menguburnya di tembok dalam penjara tepat di hadapan kekasihnya pangeran salim yang masih di ikat dalam penjara tersebut.

Melihat orang yang sangat di sayangi di hukum mati di depanya salim pun menjerit, menangis dan meronta-ronta minta di bebaskan agar bisa menyelamatkan anarkali. Tapi sia-sia karena anarkali sudah selesai di kubur hidup-hidup di dinding penjara. Dan ini menyisakan kesedihan bagi salim sepanjang hidupnya.

Note: cerita diatas belum dapat di pastikan kebenarannya karena ada versi lain yang mengatakan bahwa sebenarnya Anarkali tidak mati ketika di kubur hidup-hidup. Versi tersebut mengatakan ketika anarkali selseai di kubur di dinding penjara, di belakang dinding penjara itu terdapat sebuah goa yang telah disiapkan sebelumnya.

Anarkali pun keluar melalui goa itu, ibunya sudah menunngunya di luar goa dan mereka siap untuk pergi jauh meninggalkan Agra selamanya. Hal ini dilakukan oleh raja agar pangeran salim tidak mencari anarkali lagi karena bagi salim anarkali sudah tidak ada di dunia. Yang salim tau adalah Anarkali telah meninggalkan dunia dan dirinya untuk selama-lamanya.

0 Response to "Film Anarkali Dan Pangeran Salim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel