Lomba Panjat Pinang

Di indonesia pada saat hari perayaan kemerdekaan tepatnya pada tanggal 17 agustus selalu diadakan lomba panjat pinang oleh masyrakat yang ada di seluruh indonesia mulai dari pedesaan sampai ke perkotaan.

Sedangkan pengertian dari lomba panjat pinang itu sendiri adalah lomba yang dilakukan dengan cara memanjat pohon pinang yang sebelumnya telah di beri pelumas atau pelicin seperti oli ataupun gomok.

Dan pada bagian atas pohon pinang di ikatkan berbagai macam hadiah menarik yang nantinya akan di ambil oleh kelompok pemenang yang berhasil naik keatas puncak pohon tersebut. Lomba panjat pinang ini tidak bisa dilakukan sendiri, panjat pinang jika dilakukan sendiri akan menjadi sia-sia maka dari itu lomba panjat pinang ini membutuhkan kerjasama tim yang terdiri dari empat orang atau bisa lebih.
Lomba panjat pinang ini sebenarnya sudah ada semenjak zaman penjajahan belanda, lomba ini diadakan oleh orang-orang belanda pada hari perayaan seperti pesta pernikahan atau hari besar lainnya. Peserta yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi yang ingin mendapatkan hadiah-hadiah yang sangat berharga baginya.

Hadiah yang di berikan pada lomba panjat pinang saat itu berupa gula, pakaian, keju dan hadiah berharga lainnya. Untuk mendapatkan hadiah tersebut orang-orang pribumi bersusah payah memanjat pohon pinang yang licin itu, sementara orang belanda menonton dan tertawa melihat nya.

Hingga sampai pada saat ini lomba panjat pinang masih ada di indonesia dan tata cara permainannya belum ada berubah atau masih sama pada saat zaman belanda. Kalau dulu lomba panjat pinang di ikuti karena ingin mendapatakan kebutuhan yang sangat berharga, sekarang tidak karena kita sudah merdeka. Kalau masalah kebutuhan bisa kita dapatkan dengan cara lain, yaitu bekerja.

Pada saat ini lomba panjat pinang diadakan hanya sekadar menghibur rakyat dan hadiahnya pun sederhana. Dan jika hadiah di dapatkan juga di bagi bersama-sama bahkan yang tidak ikut juga kebagian hadiahnya. Intinya panjat pinang sekarang lebih fokus pada hiburan saja bukan mengharap hadiah. Dengan adanya lomba panjat pinang ini maka semua warga datang berkumpul dan tertawa bersama-sama.

0 Response to "Lomba Panjat Pinang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel