Lubuk Mato Kuciang

Pemandian lubuak mato kuciang adalah kolam pemandian yang di sediakan untuk umum yang terletak di kelurahan pasa usang yang berada di daerah kota Padang panjang.

Pemandian ini juga menjadi salah satu alternative wisata bagi masyarakat yang ada di kota padang panjang dan sekitarnya. Lubuk mato kuciang ini tepatnya berada di kaki gunung singgalang yang diapit bukit surungan dan sungai batang anai. Air yang di gunakan juga langsung dari mata air pegunungan yang segar dan menyejukan.
Sejarah menyebutkan konon katanya lubuk mata kuciang ini di bangun pada saat zaman penjajahan belanda atau sekitar tahu 1918. Lubuk ini di namakan mato kuciang karena jika dilihat dari atas warna air yang ada di kolam hampir menyerupai mata kucing. Hampir seluruh masyarakat yang ada di padang panjang mengenal tempat pemandian lubuak mato kuciang ini. Bahkan masyarakat yang berada di luar kota pun banyak juga yang mengenal tempat wisata ini.

Biasanya pengunjung ramai datang ketempat ini pada sore hari, mereka datang bersama keluarga atau teman hanya untuk sekedar mandi-mandi di lubuk mato kuciang ini. Hal ini mereka lakukan karena lubuk mato kuciang mempunyai sumber mata air yang jernih, bersih dan langsung di ambil dari sumber mata air pegunungan.

Jadi sangat cocok lubuk mata kucing ini di jadikan tempat melepas lelah dari kegiatan kita sehari-hari. Kalau hari libur tiba lubuk mato kuciang ini akan di penuhi oleh para pengunjung yang berasal dari dalam kota padang panjang dan banyak juga yang berasal dari luar kota seperti Bukittinggi, Solok, Padang dan kota-kota terdekat lainnya.

Dengan perkembangan zaman objek wisata lubuk mato kuciang mulai sepi di kunjungi oleh wisatawan, padahal objek wisata lubuk mato kuciang ini adalah objek wisata yang mempunyai nilai bersejarah. Di tambah lagi dengan kehadiran Mifant Water Park di kota padang panjang akan membuat lubuk mata kuciang benar-benar menjadi sejarah di masa depannya.

Jumlah pengunjung yang datang terus mengalami penurunan setiap tahunnya. Padahal jika objek wisata lubuk mato kuciang ini di kembangkan lagi akan bisa menarik para wisatawan kembali dan mampu membuka peluang usaha bagi penduduk sekitar. Penduduk sekitar mulai merindukan lubuak mato kuciang yang dulu yang merupakan penarik wisatawan untuk datang ke Padang panjang.

0 Response to "Lubuk Mato Kuciang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel