Lubuk Baeh Di Desa Baru

Lubuk baeh adalah sebuah sebuah lubuk yang ada di sungai batang tarusan yang terletak di desa baru kecamatan koto sebelas tarusan. Di lubuk baeh ini terdapat sebuah jembatan gantung atau yang biasa disebut oleh masyarakat setempat sebagai jembatan buai. Jembatan buai ini menghubungkan antara kampung dan lahan pertanian penduduk yang ada di desa tersebut.

Keberadaan jembatan ini sangat penting sekali karena inilah satu-satunya akses menuju kelahan pertanian seperti sawah dan ladang. Sebelum jembatan ini di bangun penduduk biasanya menyeberangi sungai jika ingin pergi keperkebunan mereka. Dan jika hujan penduduk tidak bisa pergi kesawah mereka karena air sungai bertambah menjadi besar, mereka takut untuk menyeberang.
Lubuk baeh di desa baru tarusan
Jadi jembatan buai lubuk baeh ini sangat penting sekali bagi kelangsungan pertanian penduduk desa baru dan sekitarnya. Jembatan buai ini tepat berada di atas lubuk baeh, selain di gunakan untuk menyeberang jembatan ini juga sering di gunakan oleh anak-anak untuk memancing. Karena lokasi yang strategis menjadikan jembatan ini tempat yang cocok untuk memancing ikan yang ada di lubuk baeh.

Mereka hanya perlu memasang umpan dan menjatuhkan mata pancingnya ke lubuk dan menunggu ikan memakannya. Dari atas jembatan ini kita bisa memandang indahnya sawah yang berjenjang rapi yang di batasi dengan perkebunan karet penduduk.

Jika kita memandang ke hulu sungai kita juga bisa melihat beberapa lubuk lainnya seperti lubuk lalang dan aia bungo. Jika kita melihat ke hilir sungai kita juga bisa melihat beberapa tapian mandi seperti tapian induak-induak, tapian laki-laki.

Tapian induk-induak ini dinamakan induk-induk karena pada zaman dahulu ketika segala kegiatan yang berhubungan dengan air di lakukan di sungai. Jadi tapian induak-induak ini di khususkan hanya untuk induak-induak (ibu-ibu/perempuan) dan untuk kaum lelaki dilarang mandi di tempat ini karena tapian laki-laki juga sudah disediakan.

Lubuk baeh merupakan lubuk primadona di kampung tersebut karena tidak ada warga yang yang tidak mengenal lubuk baeh ini. Bahkan penduduk desa tetanggapun mengenalnya seperti taratak, koto baru dan sawah karambia. Sebenarnya masih banyak lubuk-lubuk lainnya yang ada di daerah tersebut tapi lubuk baeh yang paling terkenal karena lokasinya yang strategis di tengah-tengah.

Sehingga memudahkan penduduk untuk menuju lahan sawah dan perkebunan milik mereka. Air yang ada di lubuk baeh ini cukup jernih, jadi jika para petani pulang bekerja dari sawah mereka. maka mereka bisa mandi dan membersihkan diri terlebih dahulu di lubuk baeh ini sebelum menuju kerumah masing-masing.

Sekian info singkat mengenai lubuh baeh dan pada pertemuan selanjutnya saya akan membahas lubuk-lubuk lainnya yang ada di sekitar lubuh baeh seperti lubuk lalang, aia bungo, lubuk rasak, lubuk panjang, lubuk setan dan lubuk-lubuk lainnya yang tak kalah menariknya dari lubuk baeh. wassalam..!

0 Response to "Lubuk Baeh Di Desa Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel