Acara Pada Saat Hari Raya Kurban (Idul Adha)

Tak terasa sebentar lagi kita akan merayakan hari raya kurban atau hari raya idul adha, hari raya kurban di rayakan oleh umat muslim di seluruh belahan dunia setiap tahunnya untuk memperingati peristiwa nabi ibrahim yang mengorbankan anaknya nabi Ismail untuk Allah. Peristiwa tersebut menceritakan tentang betapa sabarnya nabi Ibrahim ketika menghadapi ujian oleh Allah.

Peristiwa itu di mulai ketika nabi Ibrahim mendapat mimpi agar mengorbankan putranya Nabi Ismail. Karena mimpi seorang nabi merupakan cara penyampaian wahyu dari Allah dan beliaupun yakin itu perintah maka nabi Ibrahim pun mematuhi perintah Allah tersebut dan bersedia mengorbankan puranya.

Karena kepatuhan dan ke ikhlasan nabi Ibrahim lalu Allah mengganti korbannya, yang semula nabi ibrahim akan menyembelih putranya nabi Ismail lalu di ganti oleh Allah agar beliau menyembelih domba saja.
Sama seperti hari raya idul fitri hari raya idul adha juga melakukan sholat Ied pada pagi harinya. Dan satu hari sebelum idul adha sangat di anjurkan kepada umat muslim untuk melakukan puasa. Setelah selesai melakukan sholat ied idul adha lalu masuk ke acara berikutnya nya yaitu menyembelih hewan kurban seperti sapi atau kambing tergantung kondisi daerah masing-masing.

 Acara ini memang menjadi puncak pada perayaan hari raya idul adha. Karena pada perayaan inilah masyarakat yang berada di garis menegah kebawah yang jarang ataupun yang tidak pernah memasak dan memakan daging bisa menikmatinya pada hari raya ini.

Biasanya kurban di lakukan di setiap masjid dan mushola di masing-masing daerah dan banyak hewan kurbannya pun berbeda di setiap masjidnya tergantung dari ekonomi warga sekitar. Jika banyak warga yang berkorban maka banyak jugalah hewan kurbannya begitu sebaliknya. Setelah semua hewan kurban di sembelih lalu di bagi-bagi dan di bungkus dengan kantong plastik.

Lalu panitia kurban mulai mengumumkan kepada warga yang mendapatkan kupon kurban agar menjemput daginng kurbannya ke mesjid yang sesuai dengan kuponnya. Dan berbahagialah orang-orang yang tidak mampu karena pada hari raya kurban ini mereka bisa memasak makanan yang sebelumnya tidak pernah di masaknya Di karenakan keterbatasan dan penghasilan yang pas-pasan membuat orang-orang yang tidak mampu tersebut tidak sanggup membeli daging yang harganya selangit

0 Response to "Acara Pada Saat Hari Raya Kurban (Idul Adha)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel