Pemasangan Listrik Di Desa Sasok Bakir

Sasok Bakir/Sasok Baki adalah sebuah desa atau kampung yang terletak di kecamatan Airpura kabupaten Pesisir selatan. Sebelum pemekaran desa sasok bakir ini berada di dalam kecamatan pancung soal, Indropuro.

Penduduk yang ada di desa sasok bakir ini umumnya adalah pendatang dari daerah lain seperti air haji, balai selasa, indropuro dan desa-desa tetangga lainnya. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa desa sasok bakir ini termasuk kesalah satu desa baru di bangun.
Menurut salah satu penduduk tertua di sasok bakir, mengatakan bahwa dahulunya sebelum sasok bakir di jadikan kampung merupakan padang ilalang yang gersang. Setelah sasok bakir di huni oleh penduduk baru padang ilalang pun di basmi dan di ganti dengan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat.

Salah satu tumbuhan terbanyak yang di tanam oleh penduduk sasok bakir pada masa itu ialah pohon kelapa. Pohon kelapa di tanam oleh penduduk dengan posisi yang susunanya sangat rapi sehingga cukup indah jika di pandang mata. Selain pohon kelapa penduduk atau petani di desa sasok bakir juga menanam tanaman lain seperti buah pala, cengkeh, pisang, dan lain sebagainya. Hingga sampai saat sekarang ini tanaman tersebut masih ada dan banyak di tanam di kebun-kebun milik petani daerah Sasok bakir.

Seiring dengan perkembangan zaman penduduk sasok bakir mulai menambah koleksi tanamannya yaitu menanam atau berkebun kelapa sawit. Karena selain pengerjaannya yang cukup mudah kelapa sawit juga bisa memberikan penghasilan maksimal kepada para petani kelapa sawit. Hingga kini rata-rata setiap penduduk di daerah tersebut mempunyai sebidang lahan sawit dan ada juga yang mempunyai lebih luas lagi. Dengan adanya sebidang atau lebih kebun kelapa sawit menjadikan ekonomi penduduk di sasok bakir menjadi lebih stabil.

Tapi sayang nya walaupun desa sasok bakir mempunyai sumber penghasilan yang cukup besar dari hasil perkebunan, desa ini masih berada dalam kegelapan atau belum teraliri arus listrik ke kampung tersebut. Menurut salah satu warga di sana mengatakan sebenarnya listrik sudah bisa masuk kekampung tersebut beberapa tahun yang lalu, di karenakan ada permasalahan dengan pembebasan lahan atau ada beberapa tanaman warga yang harus disingkirkan untuk mendirikan tiang listrik akhirnya pengaliran listrik kekampung tersebut tertunda.

Tapi pada pertengahan tahun 2014 akhirnya permasalahan tersebut selesai warga pun ikhlas jika ada beberapa dari tanaman mereka di buang demi kelancaran instalasi seperti pemasangan tiang dan kabel-kabel. Pemasangan listrik di desa sasok bakir tersebut mendapat sambutan yang begitu antusias oleh warga, dan ada yang sudah tidak sabar ingin cepat-cepat mengaliri arus listrik kerumah mereka. Dan akhirnya pada akhir 2014 atau awal tahun 2015 instalasi lsitrik selesai dan warga sudah bisa menikmati nya. Hingga saat sekarang ini desa sasok bakir sudah terang benderang.

0 Response to "Pemasangan Listrik Di Desa Sasok Bakir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel