Wisata Pulau Penyengat

Pulau ini kecil berjarak tidak jauh dari pulau Batam,berukuran panjang 2000 meter dengan lebar 850 meter. Pulau penyengat ini adalah salah satu objek pariwisata peninggalan sejarah yang ada dikepulauan Riau diantaranya adalah Masjid Raya Sultan Riau.konon kabarnya Masjid ini sangat kokoh karena dinding dan lantainya terbuat dari campuran putih telur.

Objek wisata lainnya adalah makam-makam para raja termasuk diantaranya makam pahlawan Raja Ali Haji. Ada juga tempat yang bisa dikunjungi yaitu komplek istana kantor, dan benteng pertahanan di bukit kursi.
Pulau penyengat
Nah jangan pandang remeh walaupun pulau ini kecil dan tidak sepopuler kota wisata yang ada di Pulau Bali dan kota wisata yang lainnya di Indonesia, pulau Penyengat dan komplek istana kantor ini sudah dicalonkan di UNESCO sejak tanggal 19 oktober 1995 untuk dijadikan salah satu situs warisan dunia.

Menurut cerita sejarah pulau penyengat ini yang bersumber dari cerita rakyat setempat, dahulunya pulau penyengat ini adalah tempat persinggahan untuk mengambil air tawar yang tersedia di pulau ini. Nama penyengat sebenarnya adalah nama hewan sejenis serangga yang mempunyai sengat.

Dan dari cerita itu pula ada seorang pelaut mengambil air tawar di pulau ini yang melanggar pantang larangan,akibatnya pelaut ini diserang sekelompok serangga dan disengat ratusan serangga berbisa dan akhir cerita pulau ini terkenal dengan nama pulau penyengat sampai sekarang.

Sekarang saatnyalah kita ikut bantu mempromosikan dan mempopulerkan tempat wisata yang ada dikepulauan riau ini. Sebagai ikon cagar peninggalan sejarah wisata budaya dikepulauan riau,jangan hanya memuja muja pariwisata yang sudah populer, tapi layaknya kita ikut mempromosikan wisata pulau penyengat ini ke turis lokal dan kalau perlu kepada turis mancanegara sekalipun.

Jika potensi wisata pulau penyengat ini berjalan lancar, maka taraf kehidupan ekonomi masyarakat setempat akan ikut terangkat sejahtera dan akan menjadi nilai tambah bagi pendapatan di daerah setempat tentunya.

Tidak hanya berhenti sampai disitu Selama ini turis lokal dan turis asing hanya populer dengan pariwisata pulau Bali. Padahal kalau kita dan pemerintah daerah benar – benar bisa menggali potensi wisata di daerah dekat kota kita sendiri yakni dikepulauan Riau tercinta ini tidak kalah juga dengan tempat tempat wisata Menarik terkenal sama hal dengan kota Pariwisata lainnya yang ada di Indonesia, Salah satunya adalah Wisata Pulau Penyengat di kota Bintan,Kepulauan Riau.

Pemerintah setempat hendaknya juga menemukan beberapa orang investor yang mau menanamkan modalnya untuk kepentingan wisata, seperti para investor bisa mendirikan resort – resort yang indah tak kalah dengan resort – resort yang ada di pulau bali. Karena pulau penyengat ini air lautnya biru bersih.tidak kalah bersihnya dengan pulau Bali.

0 Response to "Wisata Pulau Penyengat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel