Ikan Mungkus Yang Menggoda

Kabupaten pesisir selatan memang sudah terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari laut, pantai, pegunungan, air terjun dan bahkan sungai pun bisa di jadikan tempat wisata. Salah satu nya adalah sungai batang tarusan yang ada di kecamatan koto sebelas tarusan.

Kecamatan koto sebelas tarusan adalah sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan kota padang atau lebih tepatnya kecamatan bungus teluk kabung. Sungai batang tarusan ini sering di jadikan sebagai tempat wisata dadakan pada saat hari libur dan hari-hari tertentu lainnya oleh masyarakat sekitar.

Ikan Mungkuih

Salah satunya adalah pada saat hari libur menyambut bulan suci ramadhan, pada saat itu sungai batang tarusan akan di penuhi oleh muda-mudi yang mandi-mandi. Konon katanya mereka melakukan hal tersebut untuk mensucikan diri atau yang biasa di sebut oleh masyarakat dengan balimau. Selain balimau mereka mandi di sungai juga untuk merayakan datangan nya bulan suci ramadhan.

Selain menjadi objek wisata dadakan sungai batang tarusan ternyata juga menyimpan kekayaan alam lainnya seperti ada nya berbagai macam jenis ikan air tawar yang ada di dasar sungai tersebut. Ikan-ikan yang ada di sungai tersebut seperti ikan mungkus, ikan gariang, ikan siluang, mingkih, simontong, udang, ikan panjang dan sibasi. Semua ikan yang tersebut di atas sudah di buktikan sendiri keberadaaan nya oleh masyarakat sekitar.

Ketika saya melakukan mudik kekampung halaman saya yaitu Desa Baru yang juga termasuk kedalam kecamatan koto sebelas tarusan, saya pun di suguhkan dengan hidangan dan masakan khas daerah tersebut yakni samba lampok mungkuih campua pakih (tumis mungkus yang di campur pakis). Dari aromanya saja sudah terbayang betapa enaknya tumis mungkus ini. Bagi saya jika sudah makan pakai sambal ikan mungkus jikapun ada yang lewat di belakang tidak akan kelihatan karena kelezatan ikan mungkus ini. :D

Jadi bagi anda yang belum pernah merasakan enak rasa ikan mungkus tersebut silahkan datang langsung ke kabupaten pesisir selatan atau tepatnya di kecamatan koto sebelas tarusan. Anda bisa langsung mengujinya di sana karena ada beberapa warga yang menyediakan atau menjual mungkus yang sudah di masak. Jika anda tidak bisa menemukannya silahkan langsung menghubungi saya.

0 Response to "Ikan Mungkus Yang Menggoda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel