Objek Wisata Aia Bungo (Air Bunga) Desa Baru

Bagi anda yang gemar melakukan kegiatan wisata dan hampir setiap tempat wisata telah anda kunjungi, pasti ada sebagian dari anda yang belum tau dengan objek wisata yang satu ini. Objek wisata tersebut adalah Aia bungo atau kalau dalam bahasa Indonesia di sebut dengan Air bunga.

Sebelum melanjutkan saya akan menjelaskan sedikit tentang Aia bungo ini. Aia bungo merupakan sebuah lubuk (lubuak) di sungai batang tarusan, di Nagari Taratak Sungai lundang. Lubuk ini cukup luas dan tidak terlalu dalam sehingga tidak berbahaya bagi pengunjung yang ingin mandi-mandi di aia bungo ini. Dipinggir Aia bungo ini banyak terdapat bebatuan yang bisa di gunakan oleh pengunjung untuk santai sambil menghangatkan diri.


Objek wisata aia bungo ini tepanya terletak di Desa Baru kecamatan Koto Sebelas Tarusan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan. Nah kalau mendengar nama Pesisir Selatan mungkin agak sedikit terang jalan bagi anda untuk mengetahui tentang objek wisata aia bungo ini. Ya kabupaten Pesisir selatan ini memang memiliki segudang tempat wisata yang berskala internasional.

Sebenarnya aia bungo bukanlah merupakan sebuah objek wisata layaknya seperti objek wisata lainnya yang selalu ramai di kunjungi setiap harinya. Aia bungo bisa di katakan sebagai objek wisata dadakan yang ramai nya hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya pada saat penyambutan datang nya bulan Ramadhan maka Aia bungo ini akan di penuhi oleh masyarakat yang ingin melakukan tradisi balimau bakasai.

Tidak hanya itu saja pada saat perayaan lebaran atau Idul fitri Aia bungo ini juga akan di ramaikan oleh penduduk setempat yang pulang dari merantau (mudik). Mereka berkumpul bersama teman-teman yang ada di kampung dengan mengadakan acara makan bersama di pinggir sungai atau batang aia bungo ini.

Pemandangan alam yang di tawarkan oleh Aia bungo ini cukup menarik sekali, jika kita menghadap ke hulu sungai maka di sebelah kirinya kita akan bisa memandang indahnya sawah penduduk yang ada di bawah bukit kecil di kawasan aia bungo ini. Dan sebelah kananya kita akan menyaksikan kebun karet yang tertanam cukup rapi.

Jadi jika anda penasaran dengan kawasan Aia bungo ini silahkan datang langsung untuk menyakskan nya. Jalur menuju lokasi ini cukup mudah, jika anda datang dari Kota Padang silahkan berangkat menuju arah kabupaten Pesisir Selatan. Atau lebih jelasnya jarak dari Kota Padang menuju lokasi Aia bungo ini sekitar 35 kilometer atau setengah jam perjalanan.

Jika anda berangkat menggunakan bus atau travel anda bisa bilang sama sopirnya untuk turun di simpang sungai lundang. Dan setelah turun di simpang tersebut silahkan melanjutkan perjalanan menggunakan jasa tukang ojek yang ada di simpang tersebut untuk sampai ke Desa Baru. Nah sesampai nya di Desa baru anda bisa minta petunjuk pada masyarakat setempat tentang lokasi Aia bungo ini.

0 Response to "Objek Wisata Aia Bungo (Air Bunga) Desa Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel