Pemandian Mato Aia di Paninggahan

Objek wisata mato Aia (Mata Air) pada saat sekarang ini telah menjadi salah satu objek wisata lokal yang terdapat di Nagari Paninggahan. Objek wisata ini selalu ramai di kunjungi setiap harinya. Melihat antusias pengunjung yang datang ke Mato Aia ini pemerintah setempat yakni Kabupaten Solok memasukan objek wisata Mato Aia ini ke salah satu Agenda wisata Alam yang terdapat di dinas Pariwisata Kabupaten Solok.

Sebelum melanjutkan mengenai keindahan alam yang di tawarkan oleh objek wisata mato aia atau yang sering di sebut oleh penduduk setempat dengan "pemandian ulu aia", admin terlebih dahulu memberikan informasi tentang lokasi objek wisata pemandian mato aia ini. Pemandian Mato Aia ini tepatnya berada di Jorong Koto Baru Tambak, Nagari Paninggahan,Kecamatan junjung sirih, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Mata air paninggahan solok

Jernihnya air yang ada di kolam renang pemandian ulu aia yang ada di Nagari Paninggahan.
Di lokasi pemandian mato aia ini pengunjung akan disuguhkan suasana yang nyaman dan tentunya sejuk, karena lokasinya yang terletak di dataran tinggi pegunungan. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indahnya Danau Singkarak yang dikelilingi pebukitan.

Jika pengunjung mengarahkan sedikit pandangan ke arah utaranya maka akan bisa menyaksikan langsung betapa indahnya ciptaan Tuhan yakni Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Yang sering kita dengar dalam lantunan sebuah lagu "gunuang marapi jo singgalang lai tagak manjago" hehe.

Objek wisata "Pemandian Ulu Aie" ini di benahi dan di bagun podasi sekitar tahun 2005-2006 melalui sumbangan dari penduduk setempat. Kolam Mato aia ini dibagi dalam dua bagian yaitu:
-Kolam khusus wanita
-Kolam khusus pria 

Selain itu juga di sediakan satu kolam yang lebih besar bagi pengunjung yang ingin berenang. Fasilitas lainnya yang dimiliki oleh objek wisata ini adalah disediakannya kamar mandi dan kamar ganti pakaian. Jadi bagi anda yang ingin wisata nuansa alami tidak ada salahnya berkunjung ke objek wisata mato aia Paninggahan ini.

Lokasi bisa di tempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Nah dengan demikian tidak perlu ragu lagi untuk berkunjung ke objek wisata satu ini hehe.

0 Response to "Pemandian Mato Aia di Paninggahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel