Istri Raja Ashoka Asandhimitra

Chakravartin Ashoka Samrat merupakan seorang raja India yang berkuasa di Kerajaan Maurya yang memerintah mualai dari 268 hingga 232 SM. Luas wilayah kekuasaan Raja Ashoka adalah jika dibandingkan pada saat ini mulai dari pegunungan Hindu Kush yang berada di Afghanistan sampai ke Bangladesh. Ibukota kerajaan nya pada saat itu adalah Pataliputra (Magadha sekarang Bihar) dan ibukota provinsi berada di Taxila dan Ujjain.

Sebagai Raja, Ashoka mempunyai istri yang juga menjabat sebagai Ratu utama di Kerajaan Maurya. Istri Ashoka tersebut bernama Asandhimitra yang juga dikenal dengan Asandhimitta. Pernikahan Asandhimitra dengan Raja Ashoka tidak menghasilkan keturunan atau buah hati dari pernikahan mereka.

Istri Raja Ashoka Asandhimitra

Asandhimitra dan Ashoka merupakan pasangan yang sangat serasi, oleh karena itu, setelah Ashoka naik tahta pada 270 SM, Asandhimitra langsung diangkat menjadi ratu/permaisuri pertama dan gelar tambahan juga diberikan kepada Asandhimitra yakni agramahisi (Ratu Kepala). Dengan mendapat gelar tersebut ia memegang banyak kekuasaan eksklusif dan menonjol di antara ratu lainnya Ia mempunyai otoritas yang lebih.

Asandhimitra menjabat sebagai kepala permaisuri di kekaisarn Maurya kurang lebih selama tiga puluh tahun mulai dari 270 SM sampai kematiannya 240 SM.

Asandhimitra dikenal sebagai seorang mukmin yang setia di Sambuddha, dia juga selalu setia dan membantu Ashoka dalam mengembangkan ajaran agama Buddha. Dan beberapa buku mengatakan dia juga menjadi penasehat terpercaya dan pendamping selalu setia kepada suaminya Raja Ashoka. Hal ini dibuktikan ketika Asandhimitra meninggal dunia, meninggalkan duka yang begitu dalam bagi Ashoka.

Baca juga:
-Istri Raja Ashoka Mahadevi Sakyakumari
-Istri Ashoka Kaurwaki

Asandhimitra hidup bersama Raja Ashoka di istana Pataliputra atau ibukota Kekaisaran Maurya selama hidupnya. Tapi tidak untuk istri lainnya seperti Devi dan Karuvaki. Istri Ashoka Karuvaki dan Devi mereka tinggal di Harem yang terletak di Kausambi dan satunya lagi di Vidisha.

0 Response to "Istri Raja Ashoka Asandhimitra"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel