Istri Raja Ashoka Mahadevi Sakyakumari

Chakravartin Ashoka Samrat merupakan seorang Raja penguasa Kekaisaran Gupta mulai dari 273 SM sampai dengan 232 SM.

Ashoka atau Asyoka yang juga merupakan penganut agama Buddha ini berhasil menguasai sebagian besar anak benua India. Jika dibadingkan dengan saar ini maka luas kekuasaan Raja Ashoka ialah mulai dari Afganistan sampai ke Bangladesh dan dibagian selatannya sampai ke Mysore.

Istri pertama Raja Ashoka bernama Devi atau Mahadevi Sakyakumari. Dan menurut buku-buku sejarah menuliskan bahwa Ashoka dan Devi melahirkan dua orang anak yang diberi nama Puti Sanghamitra dan Pangeran Mahendra. Kedua anaknya tersebut juga mempunyai peranan penting dalam menyebarkan agama Budha ke berbagai negara.

Istri Raja Ashoka Mahadevi Sakyakumari

Devi atau Mahadevi Sakyakumari adalah putri dari seorang pedagang biasa Vedisagiri. Devi dan keluarganya bermigrasi ke Vedisa Nagaram karena ketakutan oleh Vidudabha yang sedang mengancam ibu kota negaranya pada saat itu. Sehingga mereka memaksa mereka untuk pindah dan menetap di Vedisa Nagaran.

Ashoka dan Devi ini pertama kali bertemu di Ujjain, pertemuan tersbebut pun membuat anak manusia tersebut saling jatuh cinta. Dengan mempunyai perasaan suka sama suka akhirnya Ashoka memutuskan untuk segera menikahi Devi.

Setelah menikah Ashoka memanggil Devi dengan Vedisa Mahadevi. Selain itu nama lain (nama sayang) yang diberikan oleh Ashoka kepada Devi adalah Sakyani atau Sakyakumari. Nama sayang ini diberikan karena Devi adalah seorang anak pedagang.

Dalam buku sejarah tersebut juga menuliskan bahwa Ashoka pergi meninggalkan Devi, ini terjadi karena Devi tidak bisa meyakinkan Ashoka tentang ajaran Agama Buddha. Akhirnya Ashoka pun pergi ke Pataliputra meninggalkan Devi dan kedua anaknya di Vedisa.
Pada saat Ashoka pergi ke Pataliputra Devi memilih untuk tidak mengikutinya sehingga membuat ia tidak diangkat menjadi ratu kepala di Dinasti Maurya. Sehingga jabatan sebagai ratu kepala tersebut jatuh kepada istri Ashoka lain yang bernama Asandhimitra.

0 Response to "Istri Raja Ashoka Mahadevi Sakyakumari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel