5 Objek Wisata Di Palembang Yang Wajib Di Kunjungi Saat Liburan

Kota Palembang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Selatan. Selain menjadi ibukota di Provinsi Sumatera Selatan, Palembang juga merupakan kota terbesar kedua yang ada di Pulau Sumatera. Dulunya Palembang dikenal dengan keberadaan kerajaan Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya merupakan sebuah kerajaan Buddha yang terbesar di Asia Tenggara.

Palembang juga terkenal dengan kuliner khas nya yakni pempek palembang, dan selain itu Palembang tenyata juga memiliki banyak tempat wisata yang juga tidak kalah dengan wisata kota-kota lainnya di Pulau Sumatera.

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di Palembang yang bisa anda kunjungi saat hari libur tiba bersama teman, keluarga, ataupun orang tersayang lainnya:

1.Sungai Musi

Dengan memiliki panjang 750 Kilo meter menjadikan Sungai Musi sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai Musi tepat berada di tengah-tengah kota Palembang, dan jika diperhatikan sungai ini seakan-akan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Di tepi Sungai Musi ini banyak terdapat obyek wisata, seperti restoran terapung, kampung arab, benteng kuto besak dan banyak lainnya.

2.Jembatan Ampera

5 Objek Wisata Di Palembang Yang Wajib Di Kunjungi Saat Liburan

Jembatan Ampera merupakan ikon dan lambang dari kota Palembang. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1962 yang lalu. Jembatan Ampera yang menghubungkan Seberang Ulu dengan Seberang Ilir yang di pisahkan oleh Sungai Musi. Sekitar lima puluh meter dari Jembatan Ampera ini, juga terdapat sebuah pasar yang merupakan pusat souvenir dan makanan khas Kota Palembang. Sehingga para wisatwan dapat dengan mudah membeli oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Palembang khususnya lokasi Jembatan Ampera.

3.Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak yang ada di Palembang merupakan sebuah bangunan kebanggan dari kota Palembang. Benteng yang terbuat dari batu ini hingga saat ini masih berdiri dengan kokohnya. Benteng Kuto Besak adalah saksi bisau perjuangan parah pahlawan dalam melawan para penjajah. Yang menjadikan Benteng ini banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah karena dari Benteng Kuto Besak, mereka bisa melihat banyak kapal berlayar di Sungai Musi.

4.Pulau Kemaro

5 Objek Wisata Di Palembang Yang Wajib Di Kunjungi Saat Liburan

Jika anda telah berkunjung ke Jembatan ampera, maka untuk menuju ke Pulau Kemaro tidak terlalu jauh. Karena Pulau Kemaro ini terletak di tengah "Sungai Musi" yang mempunyai jarak kurang lebih sekitar 6 Kilometer dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro merupakan tempat wisata faforit di Kota Palembang. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang selalu ramai didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa beribadah.

Di Pulau Kemaro ini juga terdapat sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai kisah tersendiri, yakni dia menikah dengan seorang anak raja keturunan China dan mas kawinnya adalah 9 guci emas. Akan tetapi menurut cerita yang beredar pasangan ini mengakhiri hidupnya dengan cara menerjunkan diri ke sungai dan lalu tenggelam.

Selain itu di Pulau Kemaro ini banyak terdapat beberapa hal menarik lainnya seperti Pagoda berlantai 9 dan Pohon cinta. Dan menurut cerita masyarakat setempat jika ada sepasang kekasih mengukir namanya di "pohon cinta" ini, maka dipercaya hubungan cinta mereka akan bisa berlanjut sampai ke pelaminan.

5.Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah sebuah hutan yang di jadikan sebagai tempat wisata di Palembang. Dan hutan ini tepatnya berjarak sekitar 7 KM dari pusat kota Palembang. Hutan Wisata Punti Kayu saat ini merupakan salah satu tempat wisata faforit keluarga. Karena di Taman Hutan Wisata Punti Kayu terdapat beberapa  fasilitas wisata yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Di Taman Hutan Wisata Punti Kayu selain pengunjung bisa berenang, dan bermain di taman, pengunjung juga dapat melihat atraksi gajah dan menunggang kuda. Untuk harga tiket masuk Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini pengunjung bisa membayarnya hanya Rp.5.000/orang saja. Dan Taman Wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 04.00 Wib.

1 Response to "5 Objek Wisata Di Palembang Yang Wajib Di Kunjungi Saat Liburan"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai 5 Objek Wisata Di Palembang Yang Wajib Di Kunjungi Saat Liburan".
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel