Asiknya Berpetualang Di Goa Pindul, Gunung Kidul, Yogyakarta

Objek Wisata Goa Pindul tepatnya berada di Dusun Gelaran, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Desa Bejiharjo yang ada di Kecamatan Karangmojo ini termasuk salah satu Desa wisata di Kabupaten Gunungkidul, Yoyakarta yang berhasil mendapatkan predikat sebagai Desa Wisata Terbaik Di Indonesia pada Tahun 2012 yang lalu. Goa Pindul adalah objek wisata bertema petualangan di Gunungkidul yang menawarkan wisata menysusuro dalam goa yang di bawahnya mengalir sungai bawah tanah yang memiliki panjang kurang lebih sekitar 350 meter. Dan pengunjung bisa menyusuri sungai tersebut menggunakan perahu karet (Ban).

Bagi anda ingin berkunjung ke Goa Pindul ini tidak perlu khawatir, karena di tempat ini telah disediakan peralatan petualang berupa jaket pelampung, sepatu, ban karet, head light dan pemandu wisata. Anda akan dipandu oleh pemandu wisata selama dalam perjalanan menyusuri goa di atas aliran air sungai bawah tanah ini. Dalam menysusuri Goa Pindul anda dapat menikmati keindahan pemandangan dalam Goa sambil mendengarkan penjelasan atau cerita-cerita dari para pemandu.

Asiknya Berpetualang Di Goa Pindul, Gunung Kidul, Yogyakarta

Kelebihan lain dari Goa Pindul adalah goa ini mempunyai stalaktit terbesar ke-4 yang ada di dunia, hingga saat ini stalaktit tersebut masih aktif meneteskan air bening dari atas. Di Goa ini juga terdapat Stalagmit dan stalagtit yang menyatu. Karena besarnya, dibutuhkan lima orang untuk dapat merangkulnya. Bahkan celahnya hanya bisa dilewati oleh satu orang saja.

Pada saat berpetualang di Goa ini jika beruntung, anda juga bisa melihat kelelawar yang tersusun rapi bergelantungan di atap goa, seperti tentara berbaris. Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Goa Pindul telah menjadi rumah bagi kelelawa-kelelawar tersebut sejak ratusan tahun yang lalu.

Asiknya Berpetualang Di Goa Pindul, Gunung Kidul, Yogyakarta

Sesampainya ditengah Goa, anda akan melihat sebuah ruangan yang agak besar. Di ruangan ini terdapat lubang dibagian atasnya, dan lubang ini bisasa disebut oleh warga setempat "sumur terbalik". Dengan adanya sinar matahari yang masuk dari lubang ini, menambah indah suasana dalam Goa Pindul ini. Lubang yang ada dibagian atas Goa Pindul ini dulunya sering digunakan oleh Tim Sar sebagai jalan masuk untuk latihan.

Dan bagi anda yang bernyali besar, bisa melompat ke air dari tebing atau pohon yang ada di sekitar pintu keluar goa. Untuk melakukan atraksi ini kalian diharuskan untuk selalu berhati-hati. Waktu tempuh yang di perlukan untuk Cave Tubing Goa Pindul adalah sekitar 45 sampai 60 menit saja. Jika anda ingin menikamati suasana pedesaan yang sangat sejuk, anda juga bisa menginap lokasi ini. Karena ditempat ini juga banyak disediakan homestay dan juga ada warung makan.

Berikut adalah beberapa Fasilitas yang bisa anda dapatkan jika berkunjung ke Goa Pindul, Kabupaten Gunungkidul:

1.Tempat Parkir
2.Mushola
3.Toilet
4.Warung
5.Penginapan/Homestay
6.Pemandu Wisata
7.Peralatan

Untuk harga Tiket Masuk, anda bisa membayarnya sekitar  Rp.35.000/Orang. Hingga saat ini wisatawan lokal maupun domestik selalu ramai berkunjung ke Goa Pindul terutama saat hari libur. Jika anda tertarik untuk berkunjung Goa pindul ini, ada baiknya booking ticket terlebih dahulu, minimal 1 minggu sebelumnya anda berkunjung.

0 Response to "Asiknya Berpetualang Di Goa Pindul, Gunung Kidul, Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel