Amorphophalus Gigas Bunga Tertinggi Di Dunia Ini Kembali Mekar Di Provinsi Bengkulu

Seperti yang telah diketahui sebelumnya Bunga Bangkai Amorphophallus Gigas yang memiliki tinggi sekitar empat meter yang juga merupakan bunga tertinggi di dunia, akan segera mekar di penangkaran milik warga di Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Bunga bangkai atau yang biasa disebut oleh peduduk lokal sebagai bunga kibut adalah salah satu puspa endemik yang ada di Privinsi Bengkulu selain rekannya yakni bunga Rafflesia Arnoldi. Di lokasi penangkaran warga yang luasnya kurang dari tiga hektare tersebut, Holidin sang penangkar mengatakan ada empat jenis Amorphophallus, dan Amorphophallus Gigas adalah salah satunya.

Bunga bangkai jenis Gigas pertama kali mekar di penangkaran pada bulan Maret tahun 2013 yang lalu dengan ketinggian bunga mencapai tiga meter. Setelah itu pada tahun 2016 ini atau sekita bulan maret bunga ini kemabli mekar dengan tinggi mencapai 4,1 meter.

Holidin membuka area penangkaran bunga bangkai ini adalah untuk masyarakat umum tanpa mengenakan retribusi atau biaya-biaya lain. Beliau dan keluarganya hanya mengharapkan sumbangan itupun dengan sukarela dari para pengunjung untuk mendukung perawatan area penangkaran yang diberi nama "Puspa langka" ini.

Amorphophalus Gigas Bunga Tertinggi Di Dunia Ini Kembali Mekar Di Provinsi Bengkulu

Di lokasi penagkaran ini, selain Bunga Amorphophallus Gigas, juga terdapat jenis lainnya seperti Amorphophallus Titanum, Amorphophallus Paeonifolius dan Amorphophallus Variabilis. Dan untuk menjangkau lokasi tersebut, para pengunjung harus berkendara kurang lebih selama dua jam dari Kota Bengkulu menuju Desa Tebat Monok yang tepatnya berada di jalan lintas tengah Bengkulu - Sumatera Selatan.

Dan lokasinya pun tidak terlalu jauh dari jalan raya, nantinya pengunjung akan melihat papan pengumuman yang menjelaskan lebih rinci dimana tempat atau posisi penangkaran tersebut berada.

Sedikit informasi Amorphophalus Gigas juga termasuk dalam empat puspa langka dari Bengkulu yang memecahkan rekor dunia. Dan berikut merupakan masing-masing gelar yang didapatkan oleh Puspa langka Bengkulu tersebut:

1.Amorphophalus Gigas sebagai bunga majemuk tertinggi yang ada di dunia.
2.Rafflesia Arnoldi sebagai bunga tunggal terbesar yang ada di dunia.
3.Amorphophalus Titanum sebagai bunga majemuk terbesar yang ada di dunia
4.Gramatophyllum Specium jenis anggrek hutan sebagai bunga terpanjang yang ada di dunia.

Nah bagi anda penggemar bunga-bunga langka ini bisa datang menyaksikannya secara langsung ke Provinsi Bengkulu tepat di Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang yang ada di JL.Lintas Tengah Bengkulu - Sumatera Selatan.

0 Response to "Amorphophalus Gigas Bunga Tertinggi Di Dunia Ini Kembali Mekar Di Provinsi Bengkulu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel