Lowongan Kerja Sensus Penduduk Tahun 2020 dari BPS

Puncak Langkisau - Badan Pusat Statistik atau yang disingkat dengan BPS, tahun ini akan membuka lowongan besar-besaran. Diperkirakan BPS akan membutuhkan tenaga kerja sekitar 390.000 orang petugas di seluruh Indonesia. Dan perekrutan petugas tersbut direncanakan pada awal April mendatang. Ratusan ribu tenaga lepas tersebut guna menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 yang dilaksanakan secara serentak seluruh daerah di Indonesia.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala BPS Suhariyanto , petugas sensus bertugas mendatangi rumah-rumah penduduk dengan cara door to door untuk melakukan sensus penduduk tahun 2020. Petugas sensus juga melakukan wawancara selama penyelenggaraan sensus penduduk tahun ini yang akan dilaksanakan bulan juli mendatang. Hingga artikel ini diturunkan Kepala BPS mengaku belum membuka pendaftaran untuk petugas sensus. Rencananya pengumuman pendaftaran petugas sensus penduduk tahun 2020 akan diumumkan diseluruh daerah pada bulan April nanti.

Ditambahakan lagi, untuk perekrutan calon petugas sensus tahun ini akan dilakukan lewat serangkaian proses seleksi yang transparan. Jadi bagi kalian yang berminat untuk ikut berpartisipasi mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 silahkan daftar saat pendaftaran sensus dibuka. Lantas apa saja syarat pendaftaran petugas sensus penduduk 2020 ? Berikut syarat yang harus kalian siapkan:

1. Pendidikan minimal SMA atau sederajat

2. Calon petugas harus berdomisili sesuai dengan daerah tempat sensus dilaksanakan

3. Memiliki Smartphone Android dan Fasih dalam menggunakan aplikasi android. Karena sensus penduduk tahun 2020 ini akan dilakukan menggunakan aplikasi, dimana petugas sensus langsung mengingputnya kedalam aplikasi yang telah disediakan.

Untuk pelamar yang lolos dan ditetapkan sebagai petugas sensus penduduk 2020 selanjutnya akan menerima pelatihan singkat, khususnya terkait pengisian kuesioner dan pengetahuan dasar tentang data-data penduduk. Saat ini sensus penduduk tahun 2020 sudah bisa dilakukan sendiri oleh penduduk secara online. Periode sensus penduduk secara online telah dibuka mulai pada 15 Februari-31 Maret 2020. Penduduk dapat mengakses web sensus. bps.go.id menggunakan perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Dan bagi penduduk yang belum mengikuti sensus penduduk secara online, mereka akan didatangi oleh petugas sensus untuk melakukan sensus penduduk wawancara dengan menggunakan smarphone/tablet atau kuesioner kertas selama bulan Juli 2020 mendatang. Data penduduk yang dihasilkan melalui sensus penduduk 2020 merupakan data dasar yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti, membuat kebijakan di berbagai bidang seperti pangan, kesehatan, pendidikan, perumahan, dan lain sebagainya.

0 Response to " Lowongan Kerja Sensus Penduduk Tahun 2020 dari BPS "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel