Istri Ashoka Kaurwaki

Kaurwaki atau Karuvaki merupakan ratu kedua dari kaisar Maurya yang ketiga yakni Raja Ashoka. Pernikahan Ashoka dan Karuvaki melahirkan seorang putra yang bernama Pangeran Tivala. Pangeran Tivala atau yang disebut juga sebagai Tivara merupakan satu-satunya putra Asoka yang namanya disebutkan dalam prasasti Queen Edict yang dibangun khusus untuk Karuvaki.

Pertemuan Ashoka dengan Karuvaki bermula ketika Ashoka jauh dari batas-batas Magadha yakni dalam masa pengasingan iapun datang ke Kalinga. Dan pada saat pengasingan tersebut Ashoka bertemu dengan gadis cantik bernama Karuwaki yang juga dikenal sebagai Charuwaki atau Kaurubaki.

Istri Ashoka Kaurwaki

Seperti yang diceritakan dalam kisah-kisah film Ashoka, yang menyatakan Karuvaki adalah Putri Kalinga. Ternyata itu tidak benar, Karuvaki bukanlah Putri Kalinga tapi ia adalah anak dari seorang nelayan. Disebut putri Kalinga hanya karena Dia lahir dan dibesarkan di Kalinga (Orrisa) saja.

Anak Karuvaki adalah Pangeran Tivala yang merupakan putra kedua dari Raja Ashoka. Tivala berpotensi sebagai pengganti Ashoka menjadi penguasa namun sayang Tivala meninggal lebih dahulu dari Ashoka. Namun sebelum ia meninggal ia sempat menjabat di Takshila sebai Raja termuda saat itu.

Ratu Kaurwaki mempunyai peranan penting dalam mengubah hidup Ashoka. Rakyat sejahtera dibawah kepemimpinan Ashoka adalah berkat saran-saran yang diberikan oleh Ratu Karuvaki. Jadi ini bisa membuktikan betapa penting dan berpengaruhnya peranan seorang Karuvaki di kekaisaran Maurya dengan Raja Ashoka.

Jika Karuvaki adalah istri kedua Ashoka tentunya ada istri pertama, istri pertama Ashoka bernama Devi. Pernikahan Ashoka dan Devi melahirkan dua orang anak yakni Pangeran Mahendra dan Putri Sanghamitra. Karena Devi merupakan putri dari seorang saudagar ia tidak mau menemani Ashoka kembali ke Pataliaputra.

Baca juga:

Kejadian yang membingungkan adalah permaisuri kerajaan Ashoka yang menjabat sebagai kepala ratu yakni Asandhimitra. Sebagian mengatakan Karuvaki adalah istri kedua dan sebagian lagi mengatakan Asandhimitra lah istri kedua Ashoka.

Namun, secara luas penduduk meyakini bahwa Ratu Asandhimitra adalah istri keempat Ashoka setelah istri ketiga nya bernama Ratu Padmawati yang menjadi ibu kandung dari Pangeran Kunala.

0 Response to "Istri Ashoka Kaurwaki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel